10 Distro Linux Yang Popoler Di Tahun 2016

Bagi Pencinta Linux saatnya cari tahu distro linux apa saja yang paling populer di tahun 2016.. Dalam artikel ini kita akan Mengulas 10 distro Linux yang paling populer selama Tahun 2016, Data ini kami ambil dari Distrowatch, Informasi sedikit tentang Distrowatch, Distrowatch.com adalah sumber nya informasi distro Linux sejak 2001.

Langsung saja kita ulas 10 Distro Linux Yang Popoler Di Tahun 2016

10. Arch

Linux Arch Menempati posisi 10. Tidak begitu populer karena distro ini tidak didasarkan pada distro Linux yang lain. mungkin karena belum dikenal dan terkenal di masyarakat umum.


Menurut kami, Linux Arch tidak direkomendasikan untuk pengguna Linux baru, terutama karena proses instalasi sedikit rumit dan memerlukan banyak konfigurasi, Untuk menginstall Linux Arch juga perlu pengetahuna lebih dalam Partisi, LVM, dan pengetahuan dasar lainnya.

Kelebihan dari Linux Arch sendiri adalah pengguna dapat secara bebas sebebasnya untuk merekayasa sistem sesuai keinginan.

9. CentOS

CentOS (Community Enterprise System Operasi) yang terkenal untuk server. untuk versi desktop-nya tidak begitu populer sih. tetapi terus Update di setiap tahun nya. jadi kamu tidak berlu takut untuk mencobanya.

Meskipun paling dikenal dan paling banyak digunakan untuk server, versi desktop-nya tidak kalah bagus dan menarik. Selain itu ketangguhan, kesetabilan, kompatibilitas systemnya yang sama dengan RHEL menjadi nomor satu pada kategori VPS webserver. Ini mungkin salah satu alasan utama perkembangan dari centOS. dan juga pilihan pribadi saya untuk webserver, itu jika Anda bertanya kepada saya.

8. Elementary

Distro Linux ditujukan untuk pengguna Microsoft dan Apple, Elementary juga didasarkan pada Ubuntu.

Elementary pertama kali di rilis pada tahun 2011 dan saat ini rilis keempat versi stabil ( dengan code rilis “Loki”) didasarkan pada Ubuntu 16.04.

7. Zorin

Distro berbasis Ubuntu ini mulai dikenal oleh kebanyakan komunitas dan masyarakan kali ya. karena catatan saya di tahun 2015 Linux Zorin sama sekali tidak terdaftar pada urutan 10 besar Top Destro, dan di tahun 2014 menempati posisi 10.. luar biasa..

Zorin saat ini terpusat di Irlandia. Memiliki GUI seperti Windows dan banyak aplikasi yang sama dengan Windows. Tujuan utama dari Distro ini adalah membangun sistem operasi free yang mirip dengan Windows dengan harapan para pengguna Windows bisa mengoprasikan Linux tanpa keluar kata “sulit” “tidak bisa” dll. (pesan saya pribadi : anda perlu mencoba). Zorin 12 dirilis September 2015 lalu.

6. Fedora

Fedora dirilis dan dikembangkan oleh Fedora Project (dan disponsori oleh Red Hat, Inc.).

yang paling membedakan dari Fedora adalah integrasi paket versi terbaru ke dalam distro. Sebagai contoh, jika anda update perangkat lunak F/OSS (Free and Open Source Software) terbaru dan terbaik, tidak kesulitan. Pada tahun 2016, versi 24 dan 25  telah dirilis.

5. Manjaro

Distro ini berbasis Linux Arch perkembangannya sangat signifikan selama 2016. Dan tidak diragukan lagi, dengan memanfaatkan ketangguhan dan fitur-fitur dari Linux Arch pengembang Manjaro secara konsisten memastikan bahwa pengguna Os Linux akan lebih menyenangkan.

Selama 2016, 4 versi yang telah dirilis : 16,06, 16.06.1, 16.08, dan terakhir versi 16.10,

4. openSUSE

Seiring dengan Ubuntu, openSUSE adalah salah satu Free Open Source dari perusahaan Red Hat Enterprise Linux, produk SUSE Linux Enterprise terkenal dan pemenang penghargaan didasarkan pada openSUSE. versi baru openSUSE Leap 42,2 telah dirilis selama tahun ini.

 

3. Ubuntu

Bagi pengguna ubuntu individu dan perusahaan yang membutuhkan dukungan secara profesional selah di sediakan di form dukungan oleh pencipta distro, ini yang membuat ubuntu terus berkembang, Meskipun bantuan profesional lelah tersedia, Ubuntu memiliki komunitas yang besar dan dukungan dari masyarakat pun luar biasa sangat besar.

Selama 2016, Canonical (perusahaan di balik Ubuntu) merilis 5 versi (atau update ke edisi LTS saat ini): 14.04.3, 14.04.4, 14.04.5, 16.04.1, dan 16.10.

2. Debian

Dengan lebih dari 23 tahun di ekosistem Linux, Debian menonjol untuk ketahanan, stabilitas, dan siklus rilis diminyaki. Selain itu, adalah Distro dengan jumlah paket terpanyak yang tersedia dan salah satu pilihan terbaik untuk server.

Rilis stabil saat ini (versi 8, code rilis Jessie) akan digantikan oleh Debian 9 (code rilis Peregangan) sekitar pertengahan tahun 2017. Tidak ada tanda-tanda Debian kembali menjadi SysVinit sebagai default sistem dan manajer proses.

1. Linux Mint

Linux Mint stabil, kuat, dan elegan distro ini berbasis Ubuntu.

Linux Mint sistem operasi yang sudah lengkap dengan aplikasi nya dan siap untuk digunakan setelah instalasi. Selama tahun 2016, 3 rilis versi 17,3 (Rosa), 18 (Sarah), dan 18,1 (Serena), berdasarkan Ubuntu 14.04 (Rosa dan Sarah) dan 16.04 (Serena).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *